Minggu, 16 November 2008

Selamatkan cadangan Batubara

Dengan menipisnya cadangan BBM di negeri kita, hampir seluruh pengguna energi beralih ke batubara.

Entah bagaimana negara ini mengamankan sumber daya alam, hampir semua cadangan batubara yang seharusnya dikuasai oleh negara, dikuasai oleh pengusaha asing, oleh pengusaha nasional, oleh organisasi sebagai topeng untuk menutupi penguasaan lahan oleh perorangan, kelompok.

Arahnya sama dengan penguasaan hutan yang hasilnya kita lihat sekarang bagaimana rusaknya hutan kita dan perlu puluhan sampai ratusan tahun untuk memulihkan
Pohon bisa tumbuh kalau berniat dan ada dana untuk menanam.

Tapi Batubara tidak bisa diperbaharui. Kalau habis ya melarat bangsa ini akan sumber energi.

Batubara yang tersimpan diperut bumi bisa di eksplotasi oleh rakyat biasa, tidak ada teknologi tinggi diperlukan mengolah Batubara, tinggal menggali langsung kirim ke pemakai. Berbeda jauh dengan BBM yang memerlukan teknologi dan peralatan khusus.
Pertanyaan besar : mengapa harus diserahkan ke pengusaha swasta, ke perusahaan asing ?.

Melalui blog ini saya berharap semua elemen bangsa dan yang berwenang memahami kondisi cadangan Batubara kita yang perlu diselamatkan, kita berharap tidak perlu penguasaan diberikan ke pengusaha swasta nasional atau swasta yang arahnya mengeruk keuntungan sebesar besarnya. Segera kuasai oleh negara, landasan hukumnya ada pada Undang Undang Dasar kita.

Tidak ada komentar: